Minggu, 14 Desember 2014

Penggunaan dsb.,dst.,dan dll.

Ungkapan dan sebagainya (dsb.), dan seterusnya (dst.), serta dan lain-lain sering digunakan dalam arti yang sama. Padahal ketiga ungkapan dsb.,dst.,serta dll., mempunyai  arti yang berbeda. Kita perlu memahami secara cermat pengertian pada ketiga ungkapan dsb.,dst.,dan dll.
Cermati beberapa kalimat dibawah ini:
  1. Hadiah yang diperebutkan dalam undian berhadiah itu adalah televisi,radio,video, dan sebagainya. 
  2.   Asap tebal itu selain berasal dari hutan yang terbakar,juga berasal dari kendaraan bermotor,cerobong pabrik, dan lain-lain 
  3. Para siswa diminta mempelajari buku Bahasa Indonesia dari Bab I,II,III, dan seterusnya.
Dari ketiga contoh diatas dapatkah anda membedakan ketiga ungkapan dsb.,dst.,dan dll,.?
Dalam contoh kalimat no 1 unsur televisi,radio,dan video merupakan perincian yang sejenis sehingga penggunaan ungkapan dan sebagainya pada akhir periincian tersebut lebih tepat. Dalam contoh kalimat no 2 memperlihatkan bahwa hutan yang terbakar, kendaraan bermotor, dan cerobong pabrik merupakan perincian yang beragam sehingga penggunaan ungkapan dan lain-lain  lebih tepat digunakan. Dalam kalimat no 3 menggunakan ungkapan dan seterusnya paling tepat digunakan pada kalimat tersebut,karena ungkapan tersebutn digunakan pada kalimat yang berjenjang  atau yang berkelanjutan secara berurutan.
Ungkapan dan lain sebagainya, hendaknya tidak digunakan dalam komunikasi resmi karena ungkapan itu rancu,yang merupakan gabungan dari dan lain-lain dengan dan sebagainya.